Pictures: KKL Gunung Sembilan

Kayong Utara (dema.iainptk.ac.id) – Kamis, 27 Juli 2023, Sebuah inisiatif menarik datang dari Mahasiswa KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang berhasil menciptakan perpustakaan rapi dan bersih melalui program bersih-bersih di Perpustakaan Desa, Desa Gunung Sembilan. Dengan semangat kebersamaan, mereka mengambil bagian aktif dalam menjaga lingkungan tempat belajar dan membantu meningkatkan kualitas layanan perpustakaan bagi masyarakat.

Di bawah kordinator, puluhan mahasiswa KKL dari Institut Agama Islam Negeri Pontianak datang ke Perpustakaan Umum Baru untuk melaksanakan program bersih-bersih. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam memelihara kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat dalam beraktivitas membaca dan belajar di sana.

Program bersih-bersih KKL ini dilaksanakan selama 2 hari. Yang dimana hari pertama ialah pemindahan lemari dan buku-buku yang ada di perpustakaan lama ke perpustakaan baru, beberapa mahasiswa KKL dan beberapa warna desa bersama sama mengangkat lemari ke atas pick up. Mahasiswa KKL dengan penuh semangat dan antusias membersihkan setiap sudut perpustakaan. Dan di hari kedua ialah penataan buku sesuai dengan nomor yang ada di setiap cover buku.  Mereka juga membersihkan debu dan mengatur koleksi buku dengan rapi sesuai dengan nomor seri yang ada di setiap cover buku, sehingga memudahkan pengunjung dalam mencari dan memanfaatkan beragam referensi yang tersedia.

“Kami sangat bersemangat karena dapat berpartisipasi dalam program bersih-bersih perpustakaan ini.  Selain membantu masyarakat dan juga penjaga perpustakaan, kami juga bisa belajar tentang tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap fasilitas umum,” ujar Zulfita, salah satu mahasiswa KKL yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Program bersih-bersih perpustakaan ini menjadi salah satu langkah nyata dalam meningkatkan manfaat perpustakaan bagi masyarakat. Diharapkan, semangat positif yang ditunjukkan oleh mahasiswa KKL ini akan menular kepada masyarakat, sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan inspiratif bagi semua kalangan dalam mencari ilmu pengetahuan dan peningkatan keilmuan.

Perpustakaan baru terletak ditempat yang sangat strategis karena dekat dengan pegunungan dan sawah, sehingga pembaca akan merasa betah berada di perpustakaan karena suasana yang adem dan tenang. Perpustakaan ini juga berdekatan dengan SD 16 Tambak Rawang sehingga memudahkan akses anak-anak SD tersebut untuk datang ke Perpustakaan.

Penulis: Rusdiantari & Sy. Akhmad Choyri

Editor: Sy. Akhmad Choyri


3 Komentar

uPVC pipe services in Iraq · 5 Desember 2023 pada 05:35

Elitepipe Plastic Factory’s HDPE fittings are renowned for their versatility, allowing for secure and efficient connections in diverse applications such as water supply, gas distribution, and industrial pipelines. Elitepipe Plastic Factory

Newsmax Live TV · 20 Desember 2023 pada 17:33

very satisfying in terms of information thank you very much.

horse racing dubai · 9 Januari 2024 pada 22:32

We always follow your beautiful content I look forward to the continuation. dubai racing tv

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *